Langsung ke konten utama

Mengenal Kambing Boer dan silangannya

Mengenal Kambing Boer dan silangannya

Kambing Boer merupakan salah satu kambing unggul untuk tipe pedaging. hanya saja di indonesia keberadaannya masih sedikit sekali, padahal peminatnya tidak sedikit terutama oleh peternak modern. hal ini terkadang di manfaatkan oleh para penjual kambing yang tidak bertanggung jawab dengan menjual kambing turunan persilangan boer dengan mengatakan bahwa kambing tersebut boer asli ataupun boer pure breed padahal bukan. hal ini sangat merugikan peternak pembeli yang tidak mengetahui ciri ciri boer asli dan ingin mendapatkan kambig tersebut untuk di kembangkan. 
dalam dunia perkambingan boer terdiri dari beberapa kualifikasi, diantaranya: 


Boer full blood

1. Boer Full Blood registered, yaitu: kambing boer yang berasal dari keturunan 100% kambing boer berdarah murni terdaftar silsilahnya pada asosiasi boer dan tidak memiliki satupun kambing non boer (bukan boer) dalam catatan silsilah nenek moyangnya (pedigree). Pada kenyataannya kambing boer murni hanya didapatkan dari kambing boer yang diimpor langsung dari Afrika Selatan. sedangkan yang Boer full blood unregistered tidak terdaftar silsilahnya pada asosiasi boer.

2. Boer Pure Breed, yaitu: Kambing boer peranakan (purebreed) kambing boer betina peranakan dedifinisikan memiliki 15/16 (93,75%) darah kambing boer yang berasal dari keturunan kambing boer murni atau peranakan yang telah teregistrasi dan tercatat oleh IBGA atau disebut Betina F4. kambing boer jantan peranakan didefinisikan memiliki 31/32 (96,88%) darah kambing boer yang berasal dari kambing keturunan kambing boer murni atau peranakan yang telah teregistrasi dan tercatat oleh IBGA atau disebut Jantan F5.
3. Kambing boer campuran (percentage) ,yaitu : kambing boer yang memiliki 1/2 (50%) darah kambing boer. Kambing boer campuran dapat berasal dari keturunan pejantan boer murni (fullblood) dengan indukan bukan boer atau indukan boer murni dengan pejantan bukan boer.


Kawin Silang (Cross Breeding)Lalu pertanyaannya bagaimana mendapatkan nilai persentase darah keturunan seekor kambing boer? Aturan kawin silang (crossbreeding) kambing boer adalah acuannya. Aturan ini mensyaratkan dua hal : 

Pejantan yang dikawinkan harus murni (pureblood).
Pencatatan silsilah (pedigree) harus konsisten dilakukan untuk menandai nilai persentase seekor kambing boerJika syarat diatas tidak dapat terpenuhi maka aturan kawin silang pun tidak berlaku. 
Berikut adalah aturan kawin silang kambing boer. “F” disini menunjukkan persentase kemurnian kambing boer yang dihasilkan dari kawin silang pejantan kambing boer murni (fullblood) dengan indukan kambing yang lain.

F1 : 1/2 kambing boer (pejantan kambing boer murni, indukan kambing jenis lain)
F2 : 3/4 kambing boer (pejantan kambing boer murni, indukan F1)
F3 : 7/8 kambing boer (pejantan kambing boer murni, indukan F2)
F4 : 15/16 kambing boer (pejantan kambing boer murni, indukan F3)
F5 : 31/32 kambing boer (pejantan kambing boer murni, indukan F4)di Indonesia kambing boer di silangkan dengan kambing kacang, jawa randu, PE, benggala dll. satu satunya institusi yang memiliki kambing boer full blood registered adalah Universitas Brawijaya. sayang dalam perjalanannya kurang berkembang baik, walaupun masih memiliki stok boer. kemudian pemprov lampung yang bekerja sama dengan beberapa perusahaan importir memiliki beberapa boer fullblood yang di peruntukan untuk persilangan kambing jawa randu di provinsi lampung. di Balai Penelitian kambing potong Lolit sei putih galang sumatera utara juga di kembang silangkan boer dengan kambing kacang.selain itu ada beberapa perusahan atau farm yang memiliki koleksi kambing boer. sementara itu di samping di Unibraw malang semen boer juga tersedia di BIB lembang dan BIB singosari.Perlu dicatat jika hasil kawin silang diatas tidak akan pernah menghasilkan keturunan murni (fullblood). Yang dihasilkan hanyalah kambing boer peranakan (purebreed). IBGA menyediakan jasa tes DNA untuk mengetahui persentase kemurnian seekor kambing boer sebagai pembuktian genetis.
berikut panduan dari presentasi BPTP pemprov lampung untuk ciri ciri kambing boer hasil silangan dengan kambing jawa randu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beternak Kakak Tua || CONTOH MAKALAH TENTANG KAKAK TUA

Beternak Kakak Tua Beternak burung jenis paruh bengkok seperti kakatua, bayan atau nuri, ternyata tidak sesusah dibilang orang. Asalkan peternak memahami betul karakter burung tersebut, maka segalanya akan menjadi mudah. Seperti yang dilakukan PT Anak Burung Bali Tropikana (ABBT) yang beralamat d Jalan Dangin Puri Banjar Apuan Singapadu Gianyar Bali, ratusan jenis burung paruh bengkok dengan mudah dikembangbiakkan.
Seperti diberitakan Agrobis Burung edisi Minggu 1 Juni 2010, PT Bali Tropikana yang berdiri tahun 90-an telah berhasil menangkarkan berbagai jenis burung kakatua seperti kakatua hitam, alba, medium, molukan, laser, citron, sanguinea, dan govin, bayan sekitar 6 jenis dan nuri sekitar 60 jenis. Awalnya sasarannya pasar internasional, tetapi kini lebih memfokuskan ke pasar nasional.
Menurut Dewa Astawa, penanggung jawab penangkaran, beternak jenis paruh bengkok cukup sederhana asalkan memahami betul karakter burung tersebut. Seluruh binatang, kata Dewa Astawa punya naluri yang ku…

CARA PENANGANAN PENYAKIT SNOT PADA BURUNG

Banyak kesalahan yang dilakukan penghobi burung dalam menangangi burung sakit. Begitu juga dalam penanganan penyakit snot. Snot adalah infeksi saluran pernafasan atas yang menyebabkan timbulnya cairan yang mendesak ke sekitar mata. Jika penanganan terlambat, akan terjadi infeksi sekunder di selaput mata dan daerah lain sekitar mata. Mata burung berair dan terjadi bengkak dan pada saat yang sama infeksi saluran pernafasan atas bisa merembet ke bagian jaringan tubuh lainnya.
Penanganan Standard Wajib
1. Pisahkan burung yang sakit ke sangkar berkerodong atau kardus yang diberi lampu sebagai penghangat. Lakukan hal ini sampai burung benar-benar sembuh.
2. JANGAN PERNAH  mencampur burung-burung sakit pada satu tempat. SATU BURUNG SATU SANGKAR/kotak dengan satu penghangat. Jika dicampur, burung yang sudah mulai sembuh akan terinfeksi lagi penyakit dari burung yang mulai/ sedang sakit.
3. Berikan StopSnot DUA KALI SEHARI, pagi dan sore hari SEBANYAK 1-2 tetes langsung ke mulut/paruh burung.
- Moh…

CARA BETERNAK KENARI BAGI PEMULA

Beternak Burung Kenari Pertama-tama kita tentukan trend kenari apa yang akan kita ternak: 1.Kenari trend postur (body) 2.Kenari trend warna 3.Kenari trend suara 4.atau perpaduan antara ketiganya body, suara dan warna. 1. Kenari Postur Yang dimaksud kenari postur adalah kenari yang mempunyai ciri khas tersendiri pada bentuk tubuhnya, misal: -Kenari Yorkshire (YS) memiliki postur tubuh yang besar namun kurang proporsional, seperti bentuk wortel. -Kenari Gloster memiliki jambul di atas kepalanya sehingga menyerupai topi. -Kenari Frill memiliki bulu terbalik. -Kenari Rusia/Belgia memiliki tubuh yang panjang. -Kenari Norwich memiliki tubuh yang besar dan bulat. 2.Kenari Warna Yang dimaksud kenari warna adalah kenari yang mempunyai ciri khas warna tertentu, dan itu vakum/mutlak, namun tidak semua jenis kenari mempunyai warna yang mutlak, contoh kenari yang mempunyai ciri khas warna mutlak: -Kenari Lizard, mempunyai warna lurik, brontok dengan sedikit warna orange atau kuning di kepalanya. -Kenari Goldfinch…