Langsung ke konten utama

PENYEBAB BURUNG PUYUH BISA TERLAMBAT BERTELUR

“Mengapa puyuh saya terlambat bertelur?”

Pertanyaan itu masih demikian saya ingat, dari peternak yang baru memulai. Tentu bukan dari peternak sesama kemitraan, tapi dari peternak mandiri.

“Katanya umur 40 hari sudah mulai bertelur, ini sudah umur 50 hari lho, belum ada satupun telur keluar!?”

Waduh, bagaimana ya… Saya jawab bahwa biasanya kisaran umur 40 hari memang sudah ada telur ngglundung, raketang satu. Ya ditunggu lagi saja, bersabar. Mungkin pakannya terlalu irit.

“Terlalu irit bagaimana, ini tiap kali kosong langsung saya isi. Kapan nih kembali pakan? Sudah habis banyak saya buat beli pakan. Masak kemarin ternak ayam pedaging panen paling 6x setahun bikin modal saya bikin kandang sudah kacau. Ini pindah ternak puyuh. Kacau pula. Ah, jangan-jangan informasi di blog nggak ada yang bener nih.“

Wah.. Jadi keki saya kalau sudah bicara blog. Karena yang saya tulis sendiri hanyalah dari yang saya alami, saya amati, maupun analisa dari yang terjadi saya saksikan.
Itu adalah dialog saya dengan beliau beberapa waktu lalu. Keluh kesah karena modal sudah banyak terlimpah, namun hasilnya belum kentara. Mengenai ayam pedaging, sepemahaman saya dari milik tetangga, minim 8x panen setahun.

Beberapa hari ini kebetulan postingan banyak menyinggung hal tersebut. Dari yang telah berkenan memberikan tanggapan, ada satu pelajaran yang bisa saya dapatkan. Yaitu untuk tidak mengukur keadaan “luar” harus sama dengan “baju” sendiri. Banyak hal yang dimungkinkan bisa terjadi di luar sana, di luar kebiasaan yang selama ini saya alami.

Dari hal tersebut, terkait dengan “mengapa puyuh terlambat bertelur”. Ada beberapa poin yang kemudian saya pikirkan:

1. Ukuran terlambat itu sampai seberapa umurnya.
Standar yang saya pakai berangkat dari kebiasaan yang telah saya alami, kisaran umur 40 hari, walaupun cuma 1, sudah ada yang bertelur.
Ternyata ukuran tersebut bisa berbeda-beda. Mungkinkah ada standar nasional pada puyuh semacam SNI?

2. Mempelajari sebab-sebab yang dimungkinkan terjadi mengapa puyuh dikatakan terlambat bertelur.
Untuk ini, beberapa kemungkinan saya ambil dari komentar Bp Puyuh Jepang, untuk kemudian coba saya terjemahkan, sebatas kemampuan saya sebagaipeternak, menangkap maksud beliau mengenai keterlambatan puyuh dalam bertelur.

1. makanan dalam hal ini jumlah dan kualitasnya,

Mengenai ini, standar pakan puyuh 22 gram per-ekor per-hari, sepertinya layak diperhatikan. Walaupun mungkin perbedaan iklim daerah ikut mempengaruhi.
Sedangkan kualitas pakan, jika pakan pabrikan, tentu akan membuat yang sebaik-baiknya.

2. makanan dalam hal ini jenis peruntukannya (starter,grower,layer)

Seperti telah disinggung di thread atau postingan yang lain, jangan karena ingin cepat bertelur, lantas pada umuran pertumbuhan sudah diberi pakan layer. Kalau saatnya stater ya stater. Banyak risiko bisa terjadi. Salah satunya, maunya cepat malah terlambat.

3. penyakit. oleh bakteri, virus, jamur, dsb.

Jika dua hal di di atas sudah tidak menjadi kendala, maka yang ke-3 ini bisa jadi yang menyebabkan.

4. management kandang, management lighting, management pakan dsb.

Sanitasi, penyemprotan desinfektan, menjaga kondisi lingkungan juga perlu diperhatikan dalam kaitan “mengapa puyuh terlambat bertelur”.

Demikian semoga menjadi manfaat.
Tanggapan, komentar, masukan, kritik, saran atau apapun juga, sangat saya harapkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beternak Kakak Tua || CONTOH MAKALAH TENTANG KAKAK TUA

Beternak Kakak Tua Beternak burung jenis paruh bengkok seperti kakatua, bayan atau nuri, ternyata tidak sesusah dibilang orang. Asalkan peternak memahami betul karakter burung tersebut, maka segalanya akan menjadi mudah. Seperti yang dilakukan PT Anak Burung Bali Tropikana (ABBT) yang beralamat d Jalan Dangin Puri Banjar Apuan Singapadu Gianyar Bali, ratusan jenis burung paruh bengkok dengan mudah dikembangbiakkan.
Seperti diberitakan Agrobis Burung edisi Minggu 1 Juni 2010, PT Bali Tropikana yang berdiri tahun 90-an telah berhasil menangkarkan berbagai jenis burung kakatua seperti kakatua hitam, alba, medium, molukan, laser, citron, sanguinea, dan govin, bayan sekitar 6 jenis dan nuri sekitar 60 jenis. Awalnya sasarannya pasar internasional, tetapi kini lebih memfokuskan ke pasar nasional.
Menurut Dewa Astawa, penanggung jawab penangkaran, beternak jenis paruh bengkok cukup sederhana asalkan memahami betul karakter burung tersebut. Seluruh binatang, kata Dewa Astawa punya naluri yang ku…

CARA PENANGANAN PENYAKIT SNOT PADA BURUNG

Banyak kesalahan yang dilakukan penghobi burung dalam menangangi burung sakit. Begitu juga dalam penanganan penyakit snot. Snot adalah infeksi saluran pernafasan atas yang menyebabkan timbulnya cairan yang mendesak ke sekitar mata. Jika penanganan terlambat, akan terjadi infeksi sekunder di selaput mata dan daerah lain sekitar mata. Mata burung berair dan terjadi bengkak dan pada saat yang sama infeksi saluran pernafasan atas bisa merembet ke bagian jaringan tubuh lainnya.
Penanganan Standard Wajib
1. Pisahkan burung yang sakit ke sangkar berkerodong atau kardus yang diberi lampu sebagai penghangat. Lakukan hal ini sampai burung benar-benar sembuh.
2. JANGAN PERNAH  mencampur burung-burung sakit pada satu tempat. SATU BURUNG SATU SANGKAR/kotak dengan satu penghangat. Jika dicampur, burung yang sudah mulai sembuh akan terinfeksi lagi penyakit dari burung yang mulai/ sedang sakit.
3. Berikan StopSnot DUA KALI SEHARI, pagi dan sore hari SEBANYAK 1-2 tetes langsung ke mulut/paruh burung.
- Moh…

CARA BETERNAK KENARI BAGI PEMULA

Beternak Burung Kenari Pertama-tama kita tentukan trend kenari apa yang akan kita ternak: 1.Kenari trend postur (body) 2.Kenari trend warna 3.Kenari trend suara 4.atau perpaduan antara ketiganya body, suara dan warna. 1. Kenari Postur Yang dimaksud kenari postur adalah kenari yang mempunyai ciri khas tersendiri pada bentuk tubuhnya, misal: -Kenari Yorkshire (YS) memiliki postur tubuh yang besar namun kurang proporsional, seperti bentuk wortel. -Kenari Gloster memiliki jambul di atas kepalanya sehingga menyerupai topi. -Kenari Frill memiliki bulu terbalik. -Kenari Rusia/Belgia memiliki tubuh yang panjang. -Kenari Norwich memiliki tubuh yang besar dan bulat. 2.Kenari Warna Yang dimaksud kenari warna adalah kenari yang mempunyai ciri khas warna tertentu, dan itu vakum/mutlak, namun tidak semua jenis kenari mempunyai warna yang mutlak, contoh kenari yang mempunyai ciri khas warna mutlak: -Kenari Lizard, mempunyai warna lurik, brontok dengan sedikit warna orange atau kuning di kepalanya. -Kenari Goldfinch…