Langsung ke konten utama

Cara Penggunaan Viterna untuk Ternak Besar dan Sedang

VITERNA Plus merupakan suplemen pakan ternak yang diolah dari berbagai macam bahan alami (hewan dan tumbuhan), memberikan zat-zat yang sangat diperlukan ternak untuk : 1. Meningkatkan kuantitas (peningkatan Average Daily Gain /ADG bagi sapi dan peningkatan bobot panen bagi ayam) - kualitas daging (mengurangi kandungan kolesterol) - kesehatan ternak (mempertinggi daya tahan tubuh terhadap penyakit) semuanya merupakan Aspek K-3. 2. Memacu enzim - enzim pencernaan ternak. 3. Memberikan mineral - mineral esensial maupun non esensial. 4. Memberikan berbagai macam nutrisi alami untuk pertumbuhan ternak ( protein, lemak, vitamin, dsb.). 5. Menambah kandungan asam - asam lemak didalam rumen / lambung ternak. 6. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pakan (TDN). 7. Mengandung hormon pertumbuhan alami untuk mempercepat pertumbuhan ternak. 8. Meningkatkan nafsu makan. 9. Mengurangi kandungan kolesterol daging dan mengurangi bau kotoran ayam 10.Produk alami aman untuk ternak dan lingkungan POC NASA (peternakan)

http://ragamcarabeternak.blogspot.com/

 Formula khusus terutama untuk tanaman juga peternakan dan perikanan yang dibuat murni dari bahan-bahan organik dengan fungsi multiguna : 1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi tanaman serta kelestarian lingkungan/tanah ( aspek K- 3 : Kuantitas - Kualitas- Kelestarian ). 2. Menjadikan tanah yang keras berangsur - angsur menjadi gembur. 3. Melarutkan sisa pupuk kimia di tanah (dapat dimanfaatkan tanaman). 4. Memberikan semua jenis unsur makro dan unsur mikro lengkap. 5. Dapat mengurangi penggunaan Urea, SP-36 dan KCl + 12,5% - 25% 6. Setiap 1 liter POC NASA memiliki fungsi unsur hara mikro setara dengan 1 ton pupuk kandang. 7. Memacu pertumbuhan tanaman dan akar, merangsang pengumbian, pembungaan dan pembuahan serta mengurangi kerontokan bunga dan buah( mengandung hormon/ZPT Auksin, Giberellin dan Sitokinin). 8. Membantu perkembangan mikroorganisme tanah yang bermanfaat bagi tanaman (cacing tanah, Penicilium glaucum dll). 9. Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap hama dan penyakit 10.Meningkatkan bobot unggas (ayam, bebek, dll), ternak besar (sapi, kambing,dll), ikan serta udang. 11.Meningkatkan nafsu makan unggas, ternak dan ikan/udang. 12.Membantu pembentukan pakan alami ikan dan udang (plankton).

HORMONIK memacu pertumbuhan, pengumbian, pembungaan dan pembuahan tanaman untuk mendapatkan hasil panen optimal. HORMONIK mengandung Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Organik terutama Auksin, Giberelin dan Sitokinin, di formulasikan dari bahan alami yang dibutuhkan oleh semua jenis tanaman. HORMONIK tidak membahayakan ( aman ) bagi kesehatan manusia maupun binatang 

DAYA GUNA : Mempercepat proses pertumbuhan tanaman, memacu dan meningkatkan pembungaan serta pembuahan, mengurangi kerontokan bunga dan buah, membantu pertumbuhan tunas, membantu pertumbuhan akar, memacu pembesaran umbi, meningkatkan keawetan hasil panen, memacu dan meningkatkan bobot unggas/ternak. Dengan memakai Produk Viterna Mempercepat penggemukan Sapi potong Hanya Butuh Waktu 40 hari saja, Sudah terbukti. 

APLIKASI PRODUK NASA PADA PETERNAKAN PENGGEMUKAN SAPI PEDAGING Ini adalah laporan dari hasil budidaya sapi potong yang dilakukan olh seorang peternak mandiri. Semoga bermanfaat bagi para peternak sapi di seluruh Indonesia. Nama Pemilik Peternakan : Bp. Sukarman Alamat Pemilik : Kec. Seputih Raman, Kab. Lampung Tengah, Lampung Lokasi Kandang : Kec. Seputih Raman, Kab. Lampung Tengah, Lampung Jumlah/populasi sapi : 45 ekor Umur Sapi : 2 – 3 tahun Jenis sapi : Limosin, Simmetal, Brangus, Peranakan Ongole, Sapi Bali, Sapi Perah jantan. Lama Pemeliharaan : 4 bulan (maksimal) Produk Nasa yang digunakan : POC NASA, VITERNA, HORMONIK 

Cara dan waktu aplikasi : 

1. Dosis per ekor sapi : Campurkan 1 botol Viterna Plus (500 cc) dan 1 botol POC NASA (500 cc) ke dalam satu wadah khusus. Aduk hingga tercampur larut merata. Tambahkan 2 tutup HORMONIK (20 cc) ke dalam campuran VITERNA Plus dan POC NASA yang sudah terlarut tadi. Aduk dan larutkan hingga merata. Larutan sudah siap sebagai suplemen untuk membantu penggemukan sapi potong. Dosis per ekor dan cara pemberian adalah : 10 liter air + ½ kg dedak (sapi kecil) atau 1 kg dedak (sapi dewasa) + 10 cc larutan suplemen + sedikit garam. 

2. Berikan kepada sapi dengan interval sehari 2 kali (pagi dan sore). Jumlah Pakan per ekor dalam 1 hari untuk sapi berbobot badan besar ( Diatas 300 kg) : Konsentrat : 5 – 7 kg Onggok : 20 kg Dedak : 1 kg (Pemberian konsentrat ideal untuk peternakan pola intensif adalah sehari 5 kali). Jumlah Pakan per ekor dalam 1 hari untuk sapi berbobot badan kecil (dibawah 300 kg) Konsentrat : 1 - 2 kg Onggok : 20 kg Dedak : ½ kg (Pemberian konsentrat ideal untuk peternakan pola intensif adalah sehari 5 kali). 

Perbandingan kondisi sapi sebelum dan sesudah memakai produk NASA 
Sebelum pakai produk NASA Sesudah pakai produk NASA Sapi yang baru datang, mau memakan konsentrat setelah 1 bulan dipelihara Sapi yang baru datang, mau memakan konsentrat maksimal 7 hari pemeliharaan Pertambahan bobot badan tidak maksimal, untuk mencapai 30 kg butuh waktu lama Pertambahan bobot badan tertinggi yang dicapai sebesar 30 kg dalam waktu 9 hari Hasil daging yang diperoleh dengan berat hidup 390 kg sebesar 130 kg (33%) Hasil daging yang diperoleh dengan berat hidup 390 kg sebesar 160 kg (41%) Kualitas daging kurang maksimal, kadar lemak masih tinggi Kualitas daging meningkat dengan warna lebih merah, lebih padat dan rendah lemak Kotoran banyak dan bau tajam Kotoran lebih sedikit dan bau lebih berkurang Penyuntikan vitamin dalam 1 siklus (5 bulan) sebanyak 3 kali dengan biaya Rp. 35.000,- per kali suntik. Total biaya = Rp. 105.000,- Tidak dilakukan penyuntikan vitamin. Biaya Produk NASA dalam 1 siklus (5 bulan) dengan menghabiskan ½ botol sebesar Rp. 26.000,- 

Analisa ekonomi : 1. Selisih Daging yang diperoleh setelah pakai produk NASA : 160 kg – 130 kg = 30 kg Harga daging per kg di lampung tengah saat peliputan Rp. 40.000,- Peningkatan hasil penjualan daging yang diperoleh : 40 kg x Rp. 40.000 = Rp. 1,2 juta 2. Penghematan biaya penyuntikan Vitamin : Rp. 105.000 – Rp. 26.000 = Rp. 79.000 Tambahan Keuntungan setelah menggunakan produk NASA = Rp. 1,2 juta + Rp. 79.000 = Rp. 1.279.000,- 

Catatan : Hasil atau respon ternak terhadap penggunaan produk NASA bisa bervariasi, karena sangat dipengaruhi oleh : 1. Kualitas bibit dan jenis bangsa sapi. 2. Pakan yang diberikan (Kelengkapan nutrisi dan pemenuhan kebutuhan ternak) 3. Tingkat kesehatan ternak dan kebersihan kandang 4. Sistem pemeliharaan yang dilakukan. 5. Pencegahan dan pengendalian penyakit. 6. Iklim (curah hujan, air, sinar matahari, kelembaban, suhu, dll).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beternak Kakak Tua || CONTOH MAKALAH TENTANG KAKAK TUA

Beternak Kakak Tua Beternak burung jenis paruh bengkok seperti kakatua, bayan atau nuri, ternyata tidak sesusah dibilang orang. Asalkan peternak memahami betul karakter burung tersebut, maka segalanya akan menjadi mudah. Seperti yang dilakukan PT Anak Burung Bali Tropikana (ABBT) yang beralamat d Jalan Dangin Puri Banjar Apuan Singapadu Gianyar Bali, ratusan jenis burung paruh bengkok dengan mudah dikembangbiakkan.
Seperti diberitakan Agrobis Burung edisi Minggu 1 Juni 2010, PT Bali Tropikana yang berdiri tahun 90-an telah berhasil menangkarkan berbagai jenis burung kakatua seperti kakatua hitam, alba, medium, molukan, laser, citron, sanguinea, dan govin, bayan sekitar 6 jenis dan nuri sekitar 60 jenis. Awalnya sasarannya pasar internasional, tetapi kini lebih memfokuskan ke pasar nasional.
Menurut Dewa Astawa, penanggung jawab penangkaran, beternak jenis paruh bengkok cukup sederhana asalkan memahami betul karakter burung tersebut. Seluruh binatang, kata Dewa Astawa punya naluri yang ku…

CARA PENANGANAN PENYAKIT SNOT PADA BURUNG

Banyak kesalahan yang dilakukan penghobi burung dalam menangangi burung sakit. Begitu juga dalam penanganan penyakit snot. Snot adalah infeksi saluran pernafasan atas yang menyebabkan timbulnya cairan yang mendesak ke sekitar mata. Jika penanganan terlambat, akan terjadi infeksi sekunder di selaput mata dan daerah lain sekitar mata. Mata burung berair dan terjadi bengkak dan pada saat yang sama infeksi saluran pernafasan atas bisa merembet ke bagian jaringan tubuh lainnya.
Penanganan Standard Wajib
1. Pisahkan burung yang sakit ke sangkar berkerodong atau kardus yang diberi lampu sebagai penghangat. Lakukan hal ini sampai burung benar-benar sembuh.
2. JANGAN PERNAH  mencampur burung-burung sakit pada satu tempat. SATU BURUNG SATU SANGKAR/kotak dengan satu penghangat. Jika dicampur, burung yang sudah mulai sembuh akan terinfeksi lagi penyakit dari burung yang mulai/ sedang sakit.
3. Berikan StopSnot DUA KALI SEHARI, pagi dan sore hari SEBANYAK 1-2 tetes langsung ke mulut/paruh burung.
- Moh…

CARA BETERNAK KENARI BAGI PEMULA

Beternak Burung Kenari Pertama-tama kita tentukan trend kenari apa yang akan kita ternak: 1.Kenari trend postur (body) 2.Kenari trend warna 3.Kenari trend suara 4.atau perpaduan antara ketiganya body, suara dan warna. 1. Kenari Postur Yang dimaksud kenari postur adalah kenari yang mempunyai ciri khas tersendiri pada bentuk tubuhnya, misal: -Kenari Yorkshire (YS) memiliki postur tubuh yang besar namun kurang proporsional, seperti bentuk wortel. -Kenari Gloster memiliki jambul di atas kepalanya sehingga menyerupai topi. -Kenari Frill memiliki bulu terbalik. -Kenari Rusia/Belgia memiliki tubuh yang panjang. -Kenari Norwich memiliki tubuh yang besar dan bulat. 2.Kenari Warna Yang dimaksud kenari warna adalah kenari yang mempunyai ciri khas warna tertentu, dan itu vakum/mutlak, namun tidak semua jenis kenari mempunyai warna yang mutlak, contoh kenari yang mempunyai ciri khas warna mutlak: -Kenari Lizard, mempunyai warna lurik, brontok dengan sedikit warna orange atau kuning di kepalanya. -Kenari Goldfinch…