Langsung ke konten utama

CARA MENGATASI CACINGAN PADA ANJING DENGAN OBAT CACING MANUSIA

CARA MENGATASI CACINGAN PADA ANJING DENGAN OBAT CACING MANUSIA
Jangan kaget kalo anjing anda terlihat tidak mau makan dan kemudian pada kotorannya terdapat darah yang jika kondisi ini tidak ditangani dengan tepat maka get prepare to say goodbye to your lovely dog. Gejala yang saya sebutkan diatas memang bisa disebabkan oleh banyak hal karena memang gejala tersebut adalah gejala yang umum pada penyakit yang menyerang sistim pencernaan dalam hal ini usus dan salah satunya disebabkan oleh helminthiasis atau cacingan.
CARA MENGATASI CACINGAN PADA ANJING DENGAN OBAT CACING
Eits, jangan anggap remeh cacingan lho, banyak penyakit yang dapat terjadi jika menganggap remeh si cacing ini. Meskipun kita rajin vaksinasi bisa saja vaksinasi tersebut tidak efektif melindungi our lovely dog dari infeksi penyakit. Hal ini karena vaksin yang diberikan tidak memberikan imunitas/ kekebalan akibat kondisi tubuh anjing yang sedang stres atau sedang mengalami infeksi yang diakibatkan oleh invasi si cacing.

Oleh karena itu, penting bagi para pemilik anjing untuk senantiasa memberikan obat cacing secara rutin. Pemberian obat cacing ini dapat dimulai pada saat anjing berumur 2 minggu dan pada kucing pada umur 3 minggu. Pada anjing obat cacing dilakukan berturut setiap minggu selama sebulan kemudian diulang lagi setiap tiga bulan. Pada kucing cukup langsung diberikan setiap 3 bulan karena setau saya pada kucing caingan tidak menurun dari induk ke anak kucing.

Nah, untuk pemberian obat cacing bisa dalam bentuk cair maupun kapsul. Yang terpenting adalah anda mampu membuka mulut anjing tersebut. Akan sulit bagi anda untuk membuka mulut anjing yang telah dewasa jika sejak kecil dia tidak terbiasa dibuka mulutnya. Nah, setelah obat cacing diberikan jangan lupa berikan pujian bagi anjing anda dan berikan makan kecil agar obat cacing tadi dapat masuk sempurna. Oiya, dalam pemberian obat cacing sebaiknya pada pagi hari saat anjing belum makan agar obatnya bisa bekerja efektif. Satu – dua jam setelah pemberian obat cacing maka anda dapat memberikan makan besar kepada anjing anda.

Bagi anda yang kesulitan mencari obat cacing anjing maka dapat menggunakan obat cacing manusia dan yang paling sering digunakan adalah obat cacing untuk manusia merek Combantrin buatan Pfizer. Combantrin memiliki 2 jenis bentuk yaitu dalam bentuk sirup dan tablet. Dosis pemberiannya adalah 125 mg untuk setiap 10 kg berat badan.

Combantrin mengandung Pyrantel Pamoat, untuk bentuk tablet jumlah kandungan Pyrantel Pamoat tergantung dari angka yang tertera setelah namanya. Contohnya Combantrin 125 mg berarti mengandung 125 mg Pyrantel Pamoat, tersedia dipasaran Combantrin 125mg, 250mg, dan 500mg. Sedangkan untuk bentuk sirup hanya terdapat 2 jenis saja yaitu 125 mg dengan rasa jeruk dan 250 mg dengan rasa vanila.

Anak anjing dapat diberikan Combantrin sejak usia 3 minggu dengan dosis 1 ml Combantrin rasa jeruk untuk setiap 1 kg berat badan. Jika menggunakan Combantrin rasa vanila maka dosis yang dianjurkan adalah 1/2 ml setiap 1 kg berat badan. Berikan setiap minggu sampai berumur 3 bulan dan selanjutnya dapat diberikan setiap 3 bulan sekali. Untuk anak anjing diatas usia 3 bulan dapat diberikan Combantrin tablet dengan dosis yang dianjurkan dan maksimal pemberian adalah 500 mg saja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beternak Kakak Tua || CONTOH MAKALAH TENTANG KAKAK TUA

Beternak Kakak Tua Beternak burung jenis paruh bengkok seperti kakatua, bayan atau nuri, ternyata tidak sesusah dibilang orang. Asalkan peternak memahami betul karakter burung tersebut, maka segalanya akan menjadi mudah. Seperti yang dilakukan PT Anak Burung Bali Tropikana (ABBT) yang beralamat d Jalan Dangin Puri Banjar Apuan Singapadu Gianyar Bali, ratusan jenis burung paruh bengkok dengan mudah dikembangbiakkan.
Seperti diberitakan Agrobis Burung edisi Minggu 1 Juni 2010, PT Bali Tropikana yang berdiri tahun 90-an telah berhasil menangkarkan berbagai jenis burung kakatua seperti kakatua hitam, alba, medium, molukan, laser, citron, sanguinea, dan govin, bayan sekitar 6 jenis dan nuri sekitar 60 jenis. Awalnya sasarannya pasar internasional, tetapi kini lebih memfokuskan ke pasar nasional.
Menurut Dewa Astawa, penanggung jawab penangkaran, beternak jenis paruh bengkok cukup sederhana asalkan memahami betul karakter burung tersebut. Seluruh binatang, kata Dewa Astawa punya naluri yang ku…

CARA PENANGANAN PENYAKIT SNOT PADA BURUNG

Banyak kesalahan yang dilakukan penghobi burung dalam menangangi burung sakit. Begitu juga dalam penanganan penyakit snot. Snot adalah infeksi saluran pernafasan atas yang menyebabkan timbulnya cairan yang mendesak ke sekitar mata. Jika penanganan terlambat, akan terjadi infeksi sekunder di selaput mata dan daerah lain sekitar mata. Mata burung berair dan terjadi bengkak dan pada saat yang sama infeksi saluran pernafasan atas bisa merembet ke bagian jaringan tubuh lainnya.
Penanganan Standard Wajib
1. Pisahkan burung yang sakit ke sangkar berkerodong atau kardus yang diberi lampu sebagai penghangat. Lakukan hal ini sampai burung benar-benar sembuh.
2. JANGAN PERNAH  mencampur burung-burung sakit pada satu tempat. SATU BURUNG SATU SANGKAR/kotak dengan satu penghangat. Jika dicampur, burung yang sudah mulai sembuh akan terinfeksi lagi penyakit dari burung yang mulai/ sedang sakit.
3. Berikan StopSnot DUA KALI SEHARI, pagi dan sore hari SEBANYAK 1-2 tetes langsung ke mulut/paruh burung.
- Moh…

CARA BETERNAK KENARI BAGI PEMULA

Beternak Burung Kenari Pertama-tama kita tentukan trend kenari apa yang akan kita ternak: 1.Kenari trend postur (body) 2.Kenari trend warna 3.Kenari trend suara 4.atau perpaduan antara ketiganya body, suara dan warna. 1. Kenari Postur Yang dimaksud kenari postur adalah kenari yang mempunyai ciri khas tersendiri pada bentuk tubuhnya, misal: -Kenari Yorkshire (YS) memiliki postur tubuh yang besar namun kurang proporsional, seperti bentuk wortel. -Kenari Gloster memiliki jambul di atas kepalanya sehingga menyerupai topi. -Kenari Frill memiliki bulu terbalik. -Kenari Rusia/Belgia memiliki tubuh yang panjang. -Kenari Norwich memiliki tubuh yang besar dan bulat. 2.Kenari Warna Yang dimaksud kenari warna adalah kenari yang mempunyai ciri khas warna tertentu, dan itu vakum/mutlak, namun tidak semua jenis kenari mempunyai warna yang mutlak, contoh kenari yang mempunyai ciri khas warna mutlak: -Kenari Lizard, mempunyai warna lurik, brontok dengan sedikit warna orange atau kuning di kepalanya. -Kenari Goldfinch…