Langsung ke konten utama

Hal Hal Yang Perlu di Perhatikan Dalam Penyusunan formulasi Pakan

Dalam menyusun atau membuat pakan untuk diberikan kepada itik, ada 4 hal yang perlu dipertimbangkan, karena 4 hal ini menentukan tingkat kesuksesan dari beternak itik, baik dari sisi ekonomis maupun dari sisi produktifitas ternak yang bermuara pada profit dalam beternak itik, 4 hal tersebut antara lain :


1. Harga bahan pakan tersebut:
Yang perlu digaris bawahi disini adalah bahan pakan standart dengan kualitas standart pula, artinya bukan berarti murah disini kita lantas mengesampingkan kualitas, oleh sebab itu dibutuhkan pengetahuan tentang bahan pakan (lihat di situs www.peternakandody.com) , perlunya eksplorasi tentang sumber bahan pakan disekitar kita membuat kita semakin menemukan banyaknya pilihan, dari sekian pilihan tersebut kita cari dengan harga terendah dengan standart kualitas yang cukup, misalkan saja kita tentukan menggunakan dedak padi, maka dedak padi yang haluslah yang harus menjadi pilihan kita, bukan yang kasar, meskipun harganya jauh lebih murah, tapi standart kualitasnya tidak terpenuhi.

2. Ketersediaan bahan pakan
Ini penting, karena sebaik-baiknya pakan, semurah-murahnya pakan jika tidak stabil ketersediaanya maka sangat tidak dianjurkan, mengingat dalam beternak itik untuk pakan haruslah stabil, dalam artian jenis, kualitas, kuantitas pakan haruslah selalu menyesuaikan kondisi dan kebutuhan itik, tidak boleh berubah, apalagi terhadap itik yang sudah stabil produksi telurnya. Jika perubahan itu dipaksakan maka produksi telur niscaya akan turun, dalam kondisi parah perubahan pakan tersebut akan mengakibatkan rontok bulu (moulting). Lebih baik mencari pakan yang benar- benar ada sepanjang tahun, tidak pernah terjadi kelangkaan pakan.

3. Kandungan kalorinya
Poin ke tiga ini kaitanya dengan bahan pakan dasar (mayoritas), biasanya yang paling banyak digunakan atau prosentasenya paling besar. Misalkan dedak padi, jagung, singkong, polar, roti, nasi aking, dsb. Diantara bahan pakan tersebut mana yang paling banyak kandungan kalorinya. Otomatis juga dengan memperhatikan 2 pertimbangan diatas, baik secara ekonomis maupun kontinyuitas pakan tersebut.

4. Kadar protein
Ini kaitanya dengan produktifitas dari ternak itik, biasanya penggunaan pakan dengan sumber protein tidak lebih dari 30%, tetapi sangatlah vital, misalkan saja pada itik petelur diperlukan kadar protein minimal 17% setiap kali pemberian pakan, maka sumber pakan protein yang kita berikan haruslah tepat, jangan kurang dari ambang batas minimal karena dapat mengakibatkan turunnya produktifitas, tetapi juga jangan terlalu banyak karena tidak akan efisien.
4 hal tersebut wajib menjadi acuan dalam memilih ransum, oleh sebab itu agar lebih maksimal sebelum kita memulai beternak alangkah baiknya kita bekali diri kita dengan pengetahuan tentang ransum, dan mengeksplorasi semaksimal mungkin tentang semua itu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beternak Kakak Tua || CONTOH MAKALAH TENTANG KAKAK TUA

Beternak Kakak Tua Beternak burung jenis paruh bengkok seperti kakatua, bayan atau nuri, ternyata tidak sesusah dibilang orang. Asalkan peternak memahami betul karakter burung tersebut, maka segalanya akan menjadi mudah. Seperti yang dilakukan PT Anak Burung Bali Tropikana (ABBT) yang beralamat d Jalan Dangin Puri Banjar Apuan Singapadu Gianyar Bali, ratusan jenis burung paruh bengkok dengan mudah dikembangbiakkan.
Seperti diberitakan Agrobis Burung edisi Minggu 1 Juni 2010, PT Bali Tropikana yang berdiri tahun 90-an telah berhasil menangkarkan berbagai jenis burung kakatua seperti kakatua hitam, alba, medium, molukan, laser, citron, sanguinea, dan govin, bayan sekitar 6 jenis dan nuri sekitar 60 jenis. Awalnya sasarannya pasar internasional, tetapi kini lebih memfokuskan ke pasar nasional.
Menurut Dewa Astawa, penanggung jawab penangkaran, beternak jenis paruh bengkok cukup sederhana asalkan memahami betul karakter burung tersebut. Seluruh binatang, kata Dewa Astawa punya naluri yang ku…

CARA PENANGANAN PENYAKIT SNOT PADA BURUNG

Banyak kesalahan yang dilakukan penghobi burung dalam menangangi burung sakit. Begitu juga dalam penanganan penyakit snot. Snot adalah infeksi saluran pernafasan atas yang menyebabkan timbulnya cairan yang mendesak ke sekitar mata. Jika penanganan terlambat, akan terjadi infeksi sekunder di selaput mata dan daerah lain sekitar mata. Mata burung berair dan terjadi bengkak dan pada saat yang sama infeksi saluran pernafasan atas bisa merembet ke bagian jaringan tubuh lainnya.
Penanganan Standard Wajib
1. Pisahkan burung yang sakit ke sangkar berkerodong atau kardus yang diberi lampu sebagai penghangat. Lakukan hal ini sampai burung benar-benar sembuh.
2. JANGAN PERNAH  mencampur burung-burung sakit pada satu tempat. SATU BURUNG SATU SANGKAR/kotak dengan satu penghangat. Jika dicampur, burung yang sudah mulai sembuh akan terinfeksi lagi penyakit dari burung yang mulai/ sedang sakit.
3. Berikan StopSnot DUA KALI SEHARI, pagi dan sore hari SEBANYAK 1-2 tetes langsung ke mulut/paruh burung.
- Moh…

CARA BETERNAK KENARI BAGI PEMULA

Beternak Burung Kenari Pertama-tama kita tentukan trend kenari apa yang akan kita ternak: 1.Kenari trend postur (body) 2.Kenari trend warna 3.Kenari trend suara 4.atau perpaduan antara ketiganya body, suara dan warna. 1. Kenari Postur Yang dimaksud kenari postur adalah kenari yang mempunyai ciri khas tersendiri pada bentuk tubuhnya, misal: -Kenari Yorkshire (YS) memiliki postur tubuh yang besar namun kurang proporsional, seperti bentuk wortel. -Kenari Gloster memiliki jambul di atas kepalanya sehingga menyerupai topi. -Kenari Frill memiliki bulu terbalik. -Kenari Rusia/Belgia memiliki tubuh yang panjang. -Kenari Norwich memiliki tubuh yang besar dan bulat. 2.Kenari Warna Yang dimaksud kenari warna adalah kenari yang mempunyai ciri khas warna tertentu, dan itu vakum/mutlak, namun tidak semua jenis kenari mempunyai warna yang mutlak, contoh kenari yang mempunyai ciri khas warna mutlak: -Kenari Lizard, mempunyai warna lurik, brontok dengan sedikit warna orange atau kuning di kepalanya. -Kenari Goldfinch…