Langsung ke konten utama

Pengertian Antibiotik Dan Mekanisme Kerjanya

Antibiotika

Antibiotika adalah senyawa berat dengan molekul rendah yang membunuhatau menghambat pertumbuhan bakteri. Sebagian besar antibiotika dihasilkan olehmikroorganisme, khususnya Streptomyces spp. dan jamur (Mutschler, 1999;Salyers dan Whitt, 2005). Penggunaan antibiotika untuk terapi infeksi padamanusia dan hewan harus memenuhi sejumlah kriteria. 

Antibiotika dapatdikelompokkan berdasarkan struktur dari antibiotika tersebut ataupun berdasarkantarget kerjanya pada sel yaitu, broad spektrum, mempunyai kemampuanmembunuh mikroorganisme dari berbagai spesies dan narrow spectrum hanyamampu membunuh mikroorganisme secara spesifik (Bezoenet al ., 2000)Terhadap sebagian besar penggunaan, antibiotika harus mempunyaiaktivitas spektrum yang luas (Martin, 1992; Tjay dan Raharja, 2005). 

Bahwaantibiotika harus membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri dari tipeyang berbeda. Antibiotika broad spektrum berguna karena adanya gejala(simptom) yang sama yang disebabkan oleh bakteri dari spesies yang berbeda dandari gejala yang muncul tidak mungkin menunggu isolasi, identifikasi organisme penyebab sebelum terapi dimulai (Nhiem, 2005; Salyers dan Whitt, 2005).

Antibiotika broad spektrum mempunyai kekurangan, tidak hanyamenyerang bakteri patogen tetapi juga mengurangi jumlah mikroflora usus(Focosi, 2005). Setiap antibiotika harus mampu mencapai bagian tubuh dimanaterjadinya infeksi. Beberapa antibiotika tidak diabsorpsi oleh saluran pencernaan, sementara masuk ke aliran darah tetapi tidak melintasi barrier darah otak dalamcairan spinal dan tidak masuk dalam sel fagosit (Phillips et al., 2004; Focosi,2005).

Munculnya fenomena resistensi antibiotika pada bakteri patogen sangat berbahaya. Hal ini diduga dapat mengakibatkan terjadinya perpindahan sifatresistensi antibiotika bakteri dari ayam dan telur ke manusia dan lingkungan(Kusumaningsih, 2007). Adanya resistensi antibiotika bakteri pada ternak danmanusia dapat mengakibatkan kegagalan pengobatan penyakit yang disebabkanoleh bakteri (Phillips et al.)

Mekanisme kerja
Menurut Prescott dan Baggot (1997) dan Mutschler (1999), mekanismekerja antibitotika dibagi dalam empat kategori, yaitu: menghambat sintesa dindingsel (antibiotika golongan beta-laktam, basitrasin dan vankomisin), menghambatsintesa protein (aminoglikosida, linkosamida, makrolida, pleuromutilin dantetrasiklin), merusak fungsi membran sel (polimiksin dan polyenes) danmenghambat fungsi asam nukleat (nitroimidazol, nitrofuran, quinolon danrifampin).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beternak Kakak Tua || CONTOH MAKALAH TENTANG KAKAK TUA

Beternak Kakak Tua Beternak burung jenis paruh bengkok seperti kakatua, bayan atau nuri, ternyata tidak sesusah dibilang orang. Asalkan peternak memahami betul karakter burung tersebut, maka segalanya akan menjadi mudah. Seperti yang dilakukan PT Anak Burung Bali Tropikana (ABBT) yang beralamat d Jalan Dangin Puri Banjar Apuan Singapadu Gianyar Bali, ratusan jenis burung paruh bengkok dengan mudah dikembangbiakkan.
Seperti diberitakan Agrobis Burung edisi Minggu 1 Juni 2010, PT Bali Tropikana yang berdiri tahun 90-an telah berhasil menangkarkan berbagai jenis burung kakatua seperti kakatua hitam, alba, medium, molukan, laser, citron, sanguinea, dan govin, bayan sekitar 6 jenis dan nuri sekitar 60 jenis. Awalnya sasarannya pasar internasional, tetapi kini lebih memfokuskan ke pasar nasional.
Menurut Dewa Astawa, penanggung jawab penangkaran, beternak jenis paruh bengkok cukup sederhana asalkan memahami betul karakter burung tersebut. Seluruh binatang, kata Dewa Astawa punya naluri yang ku…

CARA PENANGANAN PENYAKIT SNOT PADA BURUNG

Banyak kesalahan yang dilakukan penghobi burung dalam menangangi burung sakit. Begitu juga dalam penanganan penyakit snot. Snot adalah infeksi saluran pernafasan atas yang menyebabkan timbulnya cairan yang mendesak ke sekitar mata. Jika penanganan terlambat, akan terjadi infeksi sekunder di selaput mata dan daerah lain sekitar mata. Mata burung berair dan terjadi bengkak dan pada saat yang sama infeksi saluran pernafasan atas bisa merembet ke bagian jaringan tubuh lainnya.
Penanganan Standard Wajib
1. Pisahkan burung yang sakit ke sangkar berkerodong atau kardus yang diberi lampu sebagai penghangat. Lakukan hal ini sampai burung benar-benar sembuh.
2. JANGAN PERNAH  mencampur burung-burung sakit pada satu tempat. SATU BURUNG SATU SANGKAR/kotak dengan satu penghangat. Jika dicampur, burung yang sudah mulai sembuh akan terinfeksi lagi penyakit dari burung yang mulai/ sedang sakit.
3. Berikan StopSnot DUA KALI SEHARI, pagi dan sore hari SEBANYAK 1-2 tetes langsung ke mulut/paruh burung.
- Moh…

CARA BETERNAK KENARI BAGI PEMULA

Beternak Burung Kenari Pertama-tama kita tentukan trend kenari apa yang akan kita ternak: 1.Kenari trend postur (body) 2.Kenari trend warna 3.Kenari trend suara 4.atau perpaduan antara ketiganya body, suara dan warna. 1. Kenari Postur Yang dimaksud kenari postur adalah kenari yang mempunyai ciri khas tersendiri pada bentuk tubuhnya, misal: -Kenari Yorkshire (YS) memiliki postur tubuh yang besar namun kurang proporsional, seperti bentuk wortel. -Kenari Gloster memiliki jambul di atas kepalanya sehingga menyerupai topi. -Kenari Frill memiliki bulu terbalik. -Kenari Rusia/Belgia memiliki tubuh yang panjang. -Kenari Norwich memiliki tubuh yang besar dan bulat. 2.Kenari Warna Yang dimaksud kenari warna adalah kenari yang mempunyai ciri khas warna tertentu, dan itu vakum/mutlak, namun tidak semua jenis kenari mempunyai warna yang mutlak, contoh kenari yang mempunyai ciri khas warna mutlak: -Kenari Lizard, mempunyai warna lurik, brontok dengan sedikit warna orange atau kuning di kepalanya. -Kenari Goldfinch…