Langsung ke konten utama

Residu Antibiotika

Residu Antibiotika
Residu adalah senyawa asal dan atau metabolitnya yang terdapat dalam jaringan produk hewani dan termasuk residu hasil uraian lainnya dari obattersebut. Semua cara pemberian antibiotika dapat menyebabkan terjadinya residudalam pangan asal hewan seperti, daging susu dan telur (Phillips et al., 2004).

Perhatian besar telah diperlihatkan selama 40 tahun mengenai adanyaresidu antibiotika pada daging ayam di Amerika Serikat. Menurut Adam (2002)residu antibiotika terjadi akibat penggunaan antibiotika untuk kontrol ataumengobati penyakit infeksi tidak memperhatikan waktu henti obat, penggunaanantibiotika yang melebihi dosis yang dianjurkan, penggunaan antibiotika sebagaifeed additive dalam pakan hewan.

Pada pangan asal hewan residu meliputisenyawa asal yang tidak berubah (nonaltered parent drug), metabolit dan ataukonyugat lain. Beberapa metabolit obat diketahui bersifat kurang atau tidak toksikdibandingkan senyawa asalnya, namun beberapa diketahui lebih toksik (Phillips,2004 dan Bahri et al., 2005).Faktor-faktor yang mempengaruhi distribusi obat dalam tubuh (fasefarmakokinetika) yaitu, perfusi darah melalui jaringan, kadar gradien, pH danikatan zat dengan makromolekul, partisi ke dalam lemak, transpor aktif, barier(sawar) dan ikatan obat dengan protein plasma atau jaringan (Anief, 1990 danAdam 2002).

Secara umum fase farmakokinetik obat dipengaruhi oleh: keragaman dalam satu spesies, perbedaan spesies, interaksi antar obat,faktorfaktor biofarmasetik, keberadaan kinetika non linear dan penyakit. Pakanyang mengandung antibiotika akan berinteraksi dengan jaringan (organ) dalamtubuh ternak, meskipun dalam jumlah yang kecil pengaruh yang ditimbulkan tidaksecara langsung tetapi akan berefek kronis dan tetap berada dalam tubuh ternak(Adam, 2002).

Senyawa induk dan metabolitnya sebagian akan dikeluarkan dari tubuhmelalui air seni dan feces, tetapi sebagian lagi akan tetap tersimpan di dalam jaringan (organ tubuh) yang disebut sebagai residu. Jika pakan yang dicampurantibiotika secara terus menerus, maka residu antibiotika tersebut akanterakumulasi di dalam jaringan dengan konsentrasi yang bervariasi antara organtubuh (Bahri et al, 2005).

Antibiotika yang paling sering dideteksi dalam dagingyaitu, penisilin (termasuk ampisilin), tetrasiklin (termasuk khlortetrasiklin danoksitetrasiklin), sulfonamida (termasuk sulfadimethoksin, sulfamethazin dansulfamethoksazol), neomisin, gentamisin dan streptomisin (Phillips et al., 2004).Residu dari semua jenis obat hewan paling tinggi terdapat dihati dan ginjaldibandingkan pada jaringan otot. Hasil analisis menunjukkan bahwa kadar residu beberapa antibiotika berbeda pada jaringan berbeda dalam tubuh ayam.

Secarafarmakokinetik dapat dijelaskan mengenai metabolisme dan distribusi jenis obat pada hewan yang berbeda, pada fase ini juga dapat diperkirakan waktu henti obatuntuk menghilangkan kadar obat pada jaringan yang berbeda (Adam, 2002).Menurut Anthony (1997), dampak negatif keberadaan residu antibiotika yaitu, reaksi alergi, toksisitas, mempengaruhi flora usus, respon immun, resistensiterhadap mikroorganisme, pengaruh terhadap lingkungan dan ekonomi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beternak Kakak Tua || CONTOH MAKALAH TENTANG KAKAK TUA

Beternak Kakak Tua Beternak burung jenis paruh bengkok seperti kakatua, bayan atau nuri, ternyata tidak sesusah dibilang orang. Asalkan peternak memahami betul karakter burung tersebut, maka segalanya akan menjadi mudah. Seperti yang dilakukan PT Anak Burung Bali Tropikana (ABBT) yang beralamat d Jalan Dangin Puri Banjar Apuan Singapadu Gianyar Bali, ratusan jenis burung paruh bengkok dengan mudah dikembangbiakkan.
Seperti diberitakan Agrobis Burung edisi Minggu 1 Juni 2010, PT Bali Tropikana yang berdiri tahun 90-an telah berhasil menangkarkan berbagai jenis burung kakatua seperti kakatua hitam, alba, medium, molukan, laser, citron, sanguinea, dan govin, bayan sekitar 6 jenis dan nuri sekitar 60 jenis. Awalnya sasarannya pasar internasional, tetapi kini lebih memfokuskan ke pasar nasional.
Menurut Dewa Astawa, penanggung jawab penangkaran, beternak jenis paruh bengkok cukup sederhana asalkan memahami betul karakter burung tersebut. Seluruh binatang, kata Dewa Astawa punya naluri yang ku…

CARA PENANGANAN PENYAKIT SNOT PADA BURUNG

Banyak kesalahan yang dilakukan penghobi burung dalam menangangi burung sakit. Begitu juga dalam penanganan penyakit snot. Snot adalah infeksi saluran pernafasan atas yang menyebabkan timbulnya cairan yang mendesak ke sekitar mata. Jika penanganan terlambat, akan terjadi infeksi sekunder di selaput mata dan daerah lain sekitar mata. Mata burung berair dan terjadi bengkak dan pada saat yang sama infeksi saluran pernafasan atas bisa merembet ke bagian jaringan tubuh lainnya.
Penanganan Standard Wajib
1. Pisahkan burung yang sakit ke sangkar berkerodong atau kardus yang diberi lampu sebagai penghangat. Lakukan hal ini sampai burung benar-benar sembuh.
2. JANGAN PERNAH  mencampur burung-burung sakit pada satu tempat. SATU BURUNG SATU SANGKAR/kotak dengan satu penghangat. Jika dicampur, burung yang sudah mulai sembuh akan terinfeksi lagi penyakit dari burung yang mulai/ sedang sakit.
3. Berikan StopSnot DUA KALI SEHARI, pagi dan sore hari SEBANYAK 1-2 tetes langsung ke mulut/paruh burung.
- Moh…

CARA BETERNAK KENARI BAGI PEMULA

Beternak Burung Kenari Pertama-tama kita tentukan trend kenari apa yang akan kita ternak: 1.Kenari trend postur (body) 2.Kenari trend warna 3.Kenari trend suara 4.atau perpaduan antara ketiganya body, suara dan warna. 1. Kenari Postur Yang dimaksud kenari postur adalah kenari yang mempunyai ciri khas tersendiri pada bentuk tubuhnya, misal: -Kenari Yorkshire (YS) memiliki postur tubuh yang besar namun kurang proporsional, seperti bentuk wortel. -Kenari Gloster memiliki jambul di atas kepalanya sehingga menyerupai topi. -Kenari Frill memiliki bulu terbalik. -Kenari Rusia/Belgia memiliki tubuh yang panjang. -Kenari Norwich memiliki tubuh yang besar dan bulat. 2.Kenari Warna Yang dimaksud kenari warna adalah kenari yang mempunyai ciri khas warna tertentu, dan itu vakum/mutlak, namun tidak semua jenis kenari mempunyai warna yang mutlak, contoh kenari yang mempunyai ciri khas warna mutlak: -Kenari Lizard, mempunyai warna lurik, brontok dengan sedikit warna orange atau kuning di kepalanya. -Kenari Goldfinch…